Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Daftar Kartu Prakerja yang Harus Anda Ketahui

Kartu prakerja merupakan salah satu program dari pemerintah pusat Indonesia untuk membantu masyarakat yang belum bekerja atau baru saja “dirumahkan”. Hal ini dirasakan sangat bermanfaat, apalagi di masa pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 6 bulan dan menggerus sisi ekonomi. Banyak yang tidak tahu cara daftar kartu prakerja ini padahal per bulan November 2020 ini pendaftaran sudah memasuki gelombang ke-11.

Kartu prakerja ini diberikan kepada para pekerja atau buruh yang terkena pemutusan kerja, pekerja atau buruh yang ingin meningkatkan kompetensi, para pekerja atau buruh yang dirumahkan, para pekerja bukan buruh, dan pelaku usaha kecil menengak atau ekonomi mikro. Yang penting, mereka yang mendaftar memenuhi persyaratan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan KTP, berumur lebih dari 18 tahun, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Mereka yang terdaftar akan memperoleh pelatihan online senilai 1 juta rupiah yang tidak dapat diuangkan, Rp600.000,00 yang dicairkan ke rekening bank, dan insentif dari survei pelaksanaan sebanyak 3 kali Rp50.000,00.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Anda berminat dengan uraian di atas? Jika Anda memenuhi syarat seperti yang dicantumkan di atas, ikuti langkah berikut untuk mendaftarkan diri.

  1. Mendaftar Online

Pendaftaran online dapat dilakukan dengan membuka situs prakerja.go.id yang sudah disediakan pemerintah.

Jika sudah masuk, Anda harus login terlebih dahulu dengan alamat email dan nomor handphone.

Dengan alamat email dan mengisi password, selanjutnya Anda dapat masuk dan mendaftar. Jangan lupa untuk menyiapkan scan KTP dan KK, serta foto.

  1. Mendaftar Offline

Jika Anda tidak suka atau kesulitan mendaftar secara online, peraturan Permenko Nomor II tahun 2020 menyatakan bahwa Kementerian Tenaga Kerja dan Pemerintah Daerah melalui Dinas Ketenagakerjaan menerima pendaftaran secara offline.

Anda tinggal mendatangi kantor Dinas Ketenagakerjaan sesuai KTP, mendapat formulir di sana, mengisi, melengkapi persyaratan, dan mengumpulkan lagi di tempat yang sama.

  1. Mengisi Formulir

Pendaftaran kartu prakerja secara online dan offline, pada dasarnya mengisi formulir yang sama.

Hal-hal yang harus diisi, antara lain: Nama dan identitas diri lain lengkap dengan NIK dan Nomor KK

  1. Mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Baik secara online dan offline, langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah mendaftar adalah mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.

Tes ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar Anda membutuhkan kartu prakerja dan pelatihan yang benar-benar diperlukan.

  1. Menunggu Verifikasi dan Pengajuan Diterima

Saat telah memenuhi syarat dan mengikuti tes, Anda tinggal menunggu beberapa hari sampai penutupan pendaftaran. Anda akan memperoleh sms atau notifikasi tentang diterima atau tidaknya ajuan pendaftaran kartu prakerja.

Demikianlah 4 cara daftar kartu prakerja yang dapat Anda lakukan. Sangat mudah dan semoga beruntung!

Post a Comment for "5 Cara Daftar Kartu Prakerja yang Harus Anda Ketahui"

Berlangganan via Email